KARTON SINGLE FACE

[vbreadcrumbs]
single-face

Kardus telah ditemukan sejak zaman dulu oleh salah seorang ilmuwan bernama Albert Jones. Pada awalnya ia menciptakan bahan pembungkus dengan tipe single face pada karton gelombang. Sesudah penemuannya itu, kardus kemudian berkembang pesat dengan bentuk inovasi-inovasi baru dengan gelombang karton yang lebih banyak.

Karton gelombang merupakan jenis dari karton di mana satu sisinya berbentuk gelombang atau lipatan menyerupai gelombang. Karton ini di sebut dengan corrugated board. Karton gelombang ini terdiri dari berbagai lapisan gelombang namun jika di lihat dari jumlah dindingnya seperti corrugated single face, corrugated single wall, corrugated double wall, dan corrugated triple wall. Sedangkan corrugated single face terbagi dengan 1 lapis, single face dengan 2 lapis, dan lainnya.

Mengenal Apa itu Single Face
Single face merupakan salah satu jenis kardus namun yang membedakan adalah karton single face berbentuk lembaran panjang dengan adanya gelombang di satu sisinya Karton single face ini terdiri dari satu lembar liner atau lapisan yang halus tanpa gelombang dan satu lapisan gelombang.

Dalam bentuknya karton single face di pasarkan berupa lembaran dan roll atau gulungan panjang yang bisa di potong sesuai permintaan pembeli. Pembuatan karton single face dibedakan oleh flute atau gelombangnya. Karton single face bisa di dapatkan dengan mudah melalui pemesanan secara online atau pembelian melalui toko yang menjual berbagai macam jenis kardus.

Dalam perkembangannya, karton single face di cetak menggunakan lapisan kertas cetak offset. Di mana kardus cetak offset yang menggunakan single face akan delaminating atau di press dengan kertas duplex coated atau box board atau ivory board atau art board. Dalam praktik pemakaiannya corrugated single face terdiri dari dua kertas yaitu kertas brown kraft dan white kraft sebagai liner atau lapisan halus dan berada di lapisan luar dan kertas medium sebagai fluting atau gelombang.

Mengetahui Apa Saja Fungsi Single Face
Setelah mengetahui mengenai pengertian single face, alangkah baiknya jika mengetahui fungsi dari karton single face ini. Ini karena semua barang yang telah di buat pastinya mempunyai fungsi yang beragam dengan begitu kehidupan manusia bisa sangat terbantu. Berikut fungsi dari single face:
1. Pengemas
Karena termasuk salah satu bagian kardus, maka karton single face juga mempunyai fungsi sebagai pengemas. Yang membedakan dari yang lain yaitu karton single face hanya bisa membungkus beda-benda dalam jumlah sedikit dan bersifat keras yang tidak bisa dikemas menggunakan kardus yang lebih besar. Bahan yang mungkin bisa dikemas menggunakan single face adalah barang berupa hasil mebel, guci, barang bahan kaca, barang hasil dari olahan keramik dan lain sebagainya.
2. Sebagai bahan pembuatan kardus
Kardus merupakan rangkaian dari berbagai corrugated karton. Karena pada awal penemuannya karton single face lah yang menjadi bagian utamanya. Setelah itu mulai berkembang perusahaan yang membuat inovasi-inovasi dari penemuan tersebut. Setelah itu terciptalah sebuah gabungan dari berbagai karton menjadi sebuah kardus.
3. Pelindung
Hampir sama dengan pembahasan pengemas namun dalam arti pelindung di sini adalah dengan adanya single face bisa melindungi barang dari bentuk kerusakan mulai dari lecet hingga yang paling parah adalah pecah. Setelah di benda di lindungi dengan single face di tambah barang tadi di kemas rapi dalam kardus akan menambah keamanan dan jaminan kondisi bagus saat barang sampai di tangan penerima.

Dengan adanya penemuan berupa corrugated single face ini menjadi sebuah langkah awal dalam pembuatan produk kardus seperti yang sering kita lihat dalam keseharian. Dengan adanya berbagai jenis kardus menjadikan kehidupan sangat terbantu

Lebar : 120, 140 & 160 cm

Panjang : 1,5 m/Kg (Estimasi)

Gramasai : 150 GSM

Berat : 1 Roll 40 – 60 kg (Random)

Harga : Rp. 10,500/Kg