Gel Silika Jangan Dibuang, Bisa Berfungsi untuk Merawat Benda Rumah Tangga

[vbreadcrumbs]
52b910df-5e5a-4907-9feb-0d2bf6e6cd6f_43

Jakarta – Saat membeli tas atau sepatu baru, biasanya Anda akan mendapati kantung kecil yang berisikan gel padat dan keras di dalam produk . Benda tersebut dinamakan gel silika, sebuah mineral alami yang berfungsi menyerap kelembapan untuk menjaga produk tetap kering.

Selain tas dan sepatu, gel silika umumnya juga ditempatkan pada botol vitamin, pil suplemen juga kotak kemasan barang elektronik. Setelah produk dikeluarkan dari kemasan dan dipakai, gel silika biasanya akan dibuang. Tapi tahukah Anda, gel silika sebenarnya masih bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga?

Seperti dikutip dari Woman’s Day, gel silika punya beberapa fungsi terutama dalam merawat barang-barang yang ada di rumah. Apa saja kegunaannya?

1. Menghilangkan Bau Apak
Buku-buku lama yang disimpan di kardus atau lemari biasanya akan menimbulkan bau apak yang membuat ruangan beraroma tidak segar. Untuk mengatasinya, tempatkan kantung berisi gel silika dan bau apak bisa hilang dengan seketika. Gel silika juga bermanfaat mencegah kertas buku berjamur.

2. Melindungi Dokumen Penting
Dokumen-dokumen yang disimpan dalam kotak deposit atau lemari juga rentan terkena jamur. Oleh sebab itu ruangan di dalamnya harus bebas dari lembap. Taruh sekantung gel silika di dalam kotak untuk menjaga kualitas kertas. Gel ini juga bisa ditempatkan pada kotak berisi album foto yang disimpan di atas lemari, loteng atau gudang yang rentan lembap.

3. Mencegah Karat
Gunting, jarum atau pisau bisa jadi berkarat apabila disimpan dalam wadah yang lembap. Untuk mencegah perangkat dari besi berkarat, tempatkan satu atau dua kantung gel silika di dekat tempat penyimpanan.

4. Menjaga Pakaian di Koper Tetap Kering
Setelah pulang liburan biasanya Anda akan membawa pulang pakaian yang basah karena berenang, snorkling atau surfing di pantai, atau handuk mandi. Meskipun telah dibungkus dalam kantung plastik, pakaian atau kain yang basah tetap bisa membuat bagian dalam koper lembap. Di sinilah gel silika bisa berfungsi. Tempatkan beberapa kantung gel silika dalam koper untuk menghindari koper lembap, berjamur dan bau. Gel silika akan mengurangi kelembapan dalam koper tersebut. (hst/hst)

 

Sumber : https://wolipop.detik.com/